Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Saham Syariah Dan Manfaatnya

Investasi merupakan aktivitas pengelolaan harta yang tidak hanya berguna untuk investor tetapi juga untuk orang lain.


Investasi dalam bentuk deposito misalnya, dana yang Anda serahkan ke bank akan digunakan pihak bank untuk membiayai kredit bagi masyarakat yang membutuhkan.

Kemudian kredit akan dibayarkan plus bunga yang keuntungannya juga akan ditambahkan ke deposito Anda sesuai dengan tingkat bunga yang sudah disetujui.

Dalam hukum Islam  sendiri terdapat larangan untuk menimbun harta atau iktinaz padahal bisa digunakan untuk membantu orang lain.

Salah satu cara untuk memutar harta yang Anda miliki adalah dengan berinvestasi. Di Indonesia sendiri investasi saham syariah semakin populer terutama setelah dibukanya Jakarta Islamic Indeks (JII) pada tahun 2000 sebagai pasar modal syariah.

Apa sebenarnya saham syariah ini yang membedakannya dengan investasi konvensional? Berikut adalah beberapa uraian mengenai saham syariah dan manfaat saham syariah.

Perbedaan Saham Syariah dengan Saham Konvensional

Saham merupakan surat berharga yang  dimiliki oleh suatu perusahaan dan bisa diperjualbelikan dalam pasar modal untuk modal bagi perusahaan tersebut.

Saham merupakan surat yang menyatakan kepemilikan seseorang atas perusahaan tersebut. Saham syariah memiliki manfaat yang hampir sama dengan saham konvensional, hanya saja pada saham syariah pengelolaan dan transaksinya dilakukan berdasarkan hukum Islam.

Salah satu perbedaan yang paling mencolok adalah investor yang  berinvestasi di saham syariah, bisa mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham, tetapi juga akan ikut menanggung kerugian yang terjadi pada perusahaan tersebut.

Fungsi Saham Syariah

Jika tidak jauh berbeda dengan saham konvensional lalu apa fungsi dan manfaat saham syariah?

Saham syariah merupakan cara investasi bagi Anda yang ingin mendapatkan rasa aman dan jaminan bahwa transaksi yang dilakukan halal dan sesuai dengan syariat hukum Islam.

Berikut adalah fungsi dari saham syariah:

  • Masyarakat dapat berpartisipasi dalam kegiatan bisnis dengan mendapat bagian baik dari keuntungan maupun resikonya
  • Pemegang saham dapat menjual saham pada saat yang dianggap menguntungkan demi mendapatkan likuiditas
  • Bagi perusahaan jual beli saham sangat berperan untuk membiayai dan membangun produksinya

Manfaat Saham Syariah

Perusahaan yang bisa menjual saham syariah adalah perusahaan yang  dengan jelas menyatakan pada anggaran dasarnya bahwa segala kegiatan bisnis dilakukan atas dasar hukum Islam.

Bagi perusahaan yang  tidak menyatakan jelas pada anggaran dasarnya juga bisa menjual saham syariah asalkan perusahaan tersebut tidak melakukan kegiatan bisnis yang bertentangan dengan Islam.

Kegiatan yang dimaksud antara lain adalah melakukan permainan perjudian,  tidak ada serah terima barang/jasa pada perdagangan, perdagangan dengan penawaran yang palsu, bank atau perusahaan dengan basis bunga, melakukan kegiatan ekonomi dengan produk-produk yang dilarang Islam.

Berikut adalah manfaat saham syariah bagi Anda yang berminat:

  • Sudah ada badan hukum dan aturan yang mengatur saham syariah dengan jelas sehingga aman
  • Dengan tegas melarang segala bentuk transaksi yang haram seperti jual beli barang haram dan penipuan
  • Berdasarkan musyawarah antara emiten dengan investor  mengenai besar bagi hasil dan tanggungan resiko
  • Sudah ada guideline yang mengatur mengenai aspek-aspek saham syariah termasuk alokasi aset, praktek investasi, dan juga distribusi pendapatan
  • Tidak semua perusahaan bisa menjual saham syariah, ada mekanisme screening sebelum perusahaan tersebut diperbolehkan menjual saham syariah.

Demikian adalah uraian mengenai saham syariah mulai dari perbedaannya dengan saham konvensional sampai dengan manfaatnya.