Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Inspirasi Bisnis Ibu Rumah Tangga

Apakah kamu seorang ibu rumah tangga yang mulai merasa bosan karena aktivitas yang itu-itu saja?

Sementara di lain pihak, kamu tak bisa meninggalkan buah hati tanpa pengawasan karena tak ingin melewatkan perkembangan di masa-masa emasnya?


Nah, untuk persoalan semacam ini bisnis dari rumah merupakan pilihan yang tepat untuk mengusir rasa bosanmu dengan bonus mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan.

Tapi bisnis ibu rumah tangga seperti apa sih kiranya yang tak perlu mengeluarkan banyak modal untuk memulainya?

Berikut adalah rangkuman 7 jenis bisnis yang dapat dilakukan oleh para ibu rumah tangga dimanapun yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan selain uang bulanan dari suaminya.

Freelance

Freelance merupakan salah satu jenis pekerjaan yang memungkinkan kamu untuk mengerjakan semuanya dari rumah.

Kamu tak perlu secara rutin datang ke kantor. Apapun skill yang kamu miliki, mulai dari menulis, web design, design graphics, marketing, fotografi, konsultan finansial dan lain sebagainya, freelance merupakan jalan tengah paling strategis yang bisa kamu lakukan untuk tetap mendapatkan uang tanpa perlu keluar rumah.

Untuk memulainya tentu kamu harus mengumpulkan portfolio dari klien-klienmu sebelumnya. Orang-orang yang merasa telah tertolong karena jasa yang kamu tawarkan.

Dengan demikian kamu bisa mendapatkan kepercayaan lebih banyak lagi, sehingga penawaran freelance akan datang dengan sendirinya.

Virtual Assistant

Di era yang serba canggih seperti sekarang ini, bahkan asisten pun bisa didapatkan secara virtual.

Beberapa skill yang dicari di antaranya adalah skill administrasi, marketing dan technical support. Nah, jika kamu merupakan seorang ibu rumah tangga yang memiliki bekal kemampuan administrasi yang baik mungkin kamu bisa menjadi virtual assistant bagi mereka yang membutuhkan.

Blogging

Mendapatkan uang dari blog? Kenapa tidak? Banyak sekali ibu rumah tangga yang sukses menjadi blogger dengan menulis dari rumah.

Banyak ide yang bisa dituangkan dalam blogmu. Salah satunya adalah kuliner, travel, fashion dan beauty blog.

Dengan mengerjakannya secara serius, kamu bisa mengikuti program affiliate marketing dan membuka slot iklan di websitemu yang membutuhkan review untuk produk-produk yang mereka jual.

Tingkatkan dan pertahankan trafficmu melalui media sosial dan pelajari sedikit banyak teknis SEO (Search Engine Optimization) untuk menaikkan peringkat pencarianmu di Google.

Bisnis Kreatif

Jika kamu merupakan seorang ibu rumah tangga yang kreatif, kamu bahkan bisa membuka sebuah bisnis kreatif dengan memanfaatkan kreativitas pribadimu.

Banyak contoh bisnis yang bisa kamu mulai, mulai dari merangkai buket bunga, menyusun parcell, dan menawarkan konsultasi design interior.

Bisnis Kuliner Rumahan

Kuliner merupakan salah satu model bisnis yang memang tak ada matinya, selain itu makanan yang bisa diproduksi di rumahmu sendiri merupakan sebuah nilai plus bagi ibu rumah tangga yang ingin menghasilkan uang sendiri tanpa harus keluar rumah.

Semisal kamu mahir membuat camilan seperti pie atau brownies, kamu bisa memproduksinya di dapurmu sendiri.

Pertama-tama tawarkanlah keluarga terdekat, tetangga-tetangga sekitar rumah untuk mencicipi kue buatanmu.

Jika sudah mendapat pengakuan mereka, maka ini saatnya kamu menjualnya secara online dan raih jangkauan pelanggan yang lebih luas lagi.

Pertimbangkan regulasi dan sertifikasi yang harus kamu siapkan, lalu pertimbangkan juga kemasan yang hendak kamu pakai untuk mengemas kue rumahan buatanmu tadi.

Penitipan Anak / Child Day Care

Penitipan Anak merupakan sebuah potensi bisnis ibu rumah tangga yang sangat mudah untuk dijalankan.

Selain itu, peluang bisnis penitipan ini merupakan potensi jangka panjang. Selama para orangtua melihat anaknya betah berada di lingkungan penitipan anak yang kamu miliki, maka mereka akan terus-terusan menitipkan anaknya untuk dirawat oleh kalian selama mereka bekerja sampai sang anak berusia cukup dewasa untuk dapat ditinggalkan tanpa pengawasan.

Bisnis Online & Dropship

Nah, poin terakhir ini agaknya memang bisa dilakukan oleh siapapun. Mulai dari pegawai kantoran yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dan juga ibu rumah tangga yang ingin memiliki penghasilan sendiri dan mandiri.

Tokopedia contohnya, merupakan salah satu online marketplace yang terkenal karena fitur dropship-nya.

Bahkan kamu tak perlu mengeluarkan modal sepeserpun untuk memiliki stok barang yang hendak kamu jual.

Kamu tinggal jual kepada calon pembeli lalu pemasokmu akan mengirimkan barang atas nama tokomu. Mudah bukan?

Nah, dari ketujuh ide bisnis ibu rumah tangga di atas, manakah yang cocok untukmu?