Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aplikasi Trading Crypto dengan Fee Murah

Saat ini, semakin banyak orang yang tertarik dengan crypto, mulai dari pebisnis, karyawan swasta hingga pelajar.

Untuk berpartisipasi dalam investasi ini, Anda harus memiliki akun di cryptocurrency exchange atau aplikasi jual beli cryptocurrency terbaik untuk membeli dan menjual mata uang digital seperti Bitcoin, Ethereum, dan Dogecoin.


Seperti halnya aktivitas digital lainnya, masalah keamanan terbesar bagi banyak orang yang berinvestasi melalui crypto adalah risiko peretasan dan penipuan.

Terlebih lagi, crypto saat ini telah berkembang menjadi investasi yang populer dan berharga.

Menurut data dari Federal Trade Commission yang dikutip oleh time.com, kejahatan crypto menelan biaya rata-rata $ 1.900 per laporan antara Oktober 2020 dan Maret 2021.

Biasanya, kejahatan crypto yang dilaporkan melibatkan scammer yang meminta pembayaran dalam cryptocurrency atau mengirim penawaran yang tidak diminta untuk membantu Anda menghasilkan uang atau meningkatkan kepemilikan Anda.

Jadi selain faktor biaya, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih aplikasi crypto terbaik, seperti aspek keamanan, volume transaksi, dan jenis crypto yang ditawarkan.

5 Rekomendasi Aplikasi Trading Crypto Terbaik

Mengutip bigalpha.id, perdagangan aset crypto di Indonesia legal dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), sebuah badan khusus di bawah naungan Kementerian Perdagangan.

Bagi yang ingin mencoba investasi cripto, mekanisme jual beli akan dilakukan melalui platform cryptocurrency exchange atau yang biasa disebut dengan aplikasi jual beli crypto.

Platform ini memiliki fitur seperti pasar untuk memfasilitasi perdagangan cripto. Platform ini juga akan mempertemukan pedagang dan pembeli dan dapat digunakan untuk memindahkan dan menyimpan aset cripto.

1. Tokocrypto

Tokocrypto didirikan pada Juni 2017 dan menerima investasi dari Binance, salah satu aplikasi crypto terbesar di dunia, pada Mei 2020.

Selain dapat diakses melalui aplikasi, Tokocrypto juga dapat diakses melalui website.

Untuk dapat mulai berinvestasi, Tokocrypto membutuhkan setoran minimal Rp50.000,00 melalui transfer bank atau dompet digital. Biaya transaksi Tokocrypto tergantung pada jenis transaksi yang Anda lakukan.

2. Indodax

Indodax adalah platform jual beli aset crypto pertama di Indonesia. Dengan lebih dari 3 juta anggota terverifikasi per April 2021, aplikasi crypto diperkirakan menjadi aplikasi terbesar di Indonesia hingga saat ini.

Indodax dapat diakses melalui smartphone dan website, serta dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan App Store.

Keunggulan lain dari Indodax adalah minimal deposit. Deposit Rp10.000 melalui transfer bank atau akun virtual dan Anda sudah dapat melakukan transaksi.

Metode pembayaran lainnya juga dapat dilakukan melalui Alfamart, ShopeePay, Dana, LinkAja, OVO atau voucher.

3. Pintu

Pintu adalah aplikasi untuk membeli, menjual, menyimpan, dan mengirim cryptocurrency berbasis aplikasi di smartphone.

Meskipun relatif baru, fitur Pintu yang berfokus pada aplikasi seluler membuatnya mudah digunakan.

Sama seperti aplikasi kripto lainnya, persyaratan untuk mendaftar di Pintu hanya cukup dengan mengisi data pribadi Anda dan memverifikasinya menggunakan prinsip KYC (know your customer).

Pintu tidak memiliki minimal dan maksimal setoran rupiah. Namun, setiap layanan pembayaran mengenakan biaya transfer minimum, seperti jumlah transfer bank minimum atau jumlah transfer minimum antar e-wallet.

4. Luno

Luno adalah aplikasi cripto dari Inggris yang telah hadir di Indonesia sejak tahun 2014. Aplikasi ini tersedia di Google PlayStore untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.

Hingga saat ini, Luno memiliki 6 jenis koin yang terdiri dari lima cryptocurrency yaitu Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Ripple (XRP), Bitcoin Cash (BCH), Litecoin (LTC) dan Stablecoin yang disebut USD Coin (USDC).

5. Rekeningku.com

Rekeningku.com menawarkan aplikasi cripto yang dapat digunakan dalam versi website dan aplikasi mobile untuk perangkat Android dan iOS.

Setoran minimum yang diperlukan untuk mulai bertransaksi adalah Rp 50.000. Aplikasi ini juga menerima deposit melalui e-wallet (Dana, LinkAja, OVO), virtual account, dan transfer bank.