Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mudah Mendapatkan Izin Impor


Indonesia adalah salah satu negara yang menganut sistem perdagangan bebas.


Namun banyak negara yang membutuhkan izin import dan menempatkan lebih banyak pembatasan pada item tertentu.

Solusinya adalah dengan menentukan apakah negara tujuan impor memerlukan izin atau lisensi atas pengiriman produk kepada Anda dan jika demikian, Anda perlu mengetahui bagaimana cara untuk mendapatkan izin/lisensi impor.

Berikut adalah 3 Cara Mudah Mendapatkan Izin Impor :

1. Tanyakan kepada pemasok apakah Anda akan memerlukan izin / lisensi impor dan berapa biaya yang dibutuhkan.

Semoga Anda punya hubungan yang baik, saling percaya dengan pemasok, karena menurut UPS, itu adalah tanggung jawab pengirim untuk mematuhi peraturan pemerintah saat ini dan hukum yang berlaku di setiap negara.

Itu berarti Anda harus meminta pemasok pada awal negosiasi, apakah memerlukan izin/ lisensi impor bagi negara di mana Anda berniat untuk mengimpor dan menjual produk Anda dan bagaimana mereka dapat membantu Anda mendapatkan izin / lisensi impor tersebut.

Jika Anda gagal untuk mendapatkan izin impor yang dibutuhkan, Anda tidak akan dapat membawa produk ke negara ini dan pemasok juga tidak akan mendapatkan bayaran, sehingga Anda berdua menanggung akibatnya.

Mintalah pernyataan secara tertulis dari pemasok Anda bahwa dia bertanggung jawab untuk memastikan bahwa produk yang Anda impor sesuai dengan hukum dan peraturan di negara pengimpor, termasuk Departemen Pertanian dan aturan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Cari tahu jangka waktu izin /lisensi impor berlaku dan pastikan Anda memahami semua kondisi dan dapat mematuhinya.

Jika Anda digugat karena salah satu produk melanggar hukum dan peraturan negara, pemasok harus mengganti kerugian Anda (membayar biaya pembelaan hukum dan melindungi Anda terhadap kerugian) untuk itu.

Sebuah tindakan yang bijaksana untuk bekerjasama dengan pengacara internasional berpengalaman yang fasih dalam hukum impor antar negara dan dapat menegosiasikan kontrak Anda dengan pemasok melalui cara yang dapat melindungi bisnis Anda dari potensi kerugian yang mungkin timbul.

2. Hubungi perusahaan cargo untuk mendapatkan informasi tambahan.

Ini merupakan dua perusahaan global dibidang transportasi dan cargo yang mampu mengirimkan produk ke negara manapun di dunia dan membantu Anda dengan dokumentasi yang diperlukan untuk clearance dan mengirimkan barang secara tepat waktu.

Selain itu, mereka berfungsi sebagai broker bea cukai dengan memfasilitasi pemahaman tentang hukum dan peraturan yang berlaku untuk bisnis Anda, termasuk izin, lisensi, bea dan cukai.

Sebagai contoh, pada website FedEx, bukalah account gratis dan pilih lokasi. Sebagai contoh, pilih Afrika.

Kemudian klik pada negara Kamerun dari daftar pull down. Sekarang menjadi halaman utama di mana Anda dapat mengajukan pertanyaan seperti Apakah saya perlu izin / lisensi impor di Kamerun?

Menemukan dokumen yang diperlukan untuk pengiriman internasional, mendapatkan informasi peraturan khusus untuk kiriman Anda, perkiraan bea dan cukai, ulasan profil negara ( untuk menentukan persyaratan lisensi impor ) dan mengidentifikasi perusahaan atau perorangan yang telah ditolak untuk melakukan transaksi bisnis internasional.

UPS memiliki penawaran sama dengan  layanan UPS Global Trade, di mana Anda dapat mengakses pengiriman, impor – expor internasional dan informasi negara di seluruh dunia.

Selain itu, mereka memiliki daftar lengkap mengenai  PembatasanImpor dari berbagai negara.

3. Cari informasi pada Departemen Perdagangan untuk menentukan apakah Anda memerlukan izin / lisensi impor dan bagaimana cara mendapatkannya.

Jika Anda memiliki akses Internet, pencarian cepat menggunakan nama negara importir dengan kata kunci izin impor akan memberikan informasi tambahan.

Sekarang bahwa Anda tahu cara untuk mendapatkan izin / lisensi impor, mulailah mengimpor dan menjual produk impian Anda.