Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Investasi Emas Batangan

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk berinvestasi dalam emas dan dengan tips investasi emas yang kami berikan ini diharapkan akan menciptakan keuntungan yang besar.


Sepanjang sejarah, emas telah menjadi benda yang sangat dihargai karena sifatnya yang unik dan relatif langka sehingga hampir setiap kebudayaan dunia menggunakannya sebagai bentuk uang.

Namun pada saat ini emas telah jarang dibuat untuk mata uang, investasi emas masih menyediakan banyak cara untuk dapat melindungi uang Anda dan juga untuk diversifikasi portofolio.

Selama beberapa tahun terakhir, harga emas semakin meningkat. Ada kesempatan yang sangat baik tren ini akan berlanjut selama jangka panjang, sehingga merupakan ide yang baik untuk menaruh uang ke dalam investasi emas.

Membeli emas adalah cara yang bagus untuk lindung nilai terhadap investasi lainnya. Karena adanya ketidakpastian di pasar saham dan nilai dolar AS maka pilihan yang bijaksana jika menempatkan 10%-20% dari uang Anda ke dalam investasi emas.

Emas dan perak selalu dianggap sebagai salah satu bentuk terbaik dari investasi lindung nilai karena mereka memiliki nilai yang relatif stabil (karena perubahan sangat kecil dalam persediaan).

Selain membaca artikel ini mengenai tips investasi emas ada baiknya juga sebelum membeli emas ada baiknya Anda mendapatkan bantuan konsultan investasi.

Hal ini benar terutama jika Anda belum pernah berinvestasi di emas sebelumnya. Ia dapat membantu Anda menentukan langkah terbaik agar tujuan anda dalam investasi dapat tercapai.

Jika Anda sudah memiliki penasihat keuangan pribadi, katakan padanya bahwa Anda ingin menggunakan emas untuk lindung nilai portofolio Anda.

Jika ia tidak memiliki banyak pengalaman berurusan dalam investasi emas maka disarankan untuk mencari orang lain yang benar-benar sudah berpengalaman.

Investasi emas bisa dimulai dengan emas batangan. Emas batangan yang lebih kecil biasanya lebih mahal (per ons) daripada yang lebih besar tetapi sering lebih mudah untuk menjualnya kembali.

Secara umum, Emas batangan lebih tinggi harganya daripada Emas yang berbentuk koin. Emas batangan bisa anda beli di toko emas terpercaya ataupun di Antam.

Tips investasi emas ini diberikan untuk anda sebagai panduan dalam investasi emas. Berikut tipsnya:

Tips Investasi Emas 1 = Analisa Portofolio Anda

Ini sangat mengejutkan karena banyak investor melakukan investasi tanpa terlebih dahulu menganalisis portofolio mereka untuk menentukan tujuan investasi dan kebutuhan.

Dalam rangka untuk sukses dengan investasi emas, Anda harus memastikan bahwa Anda membeli produk yang tepat untuk alasan yang tepat.

Apakah anda seorang pencari keuntungan jangka pendek? Jika demikian, Emas batangan dan koin mungkin tepat untuk Anda.

Apakah Anda seorang pencari keuntungan jangka panjang? Jika demikian maka koin langka yang bersertifikat mungkin tepat untuk Anda.

Tips Investasi Emas 2 = Menguasai Pasar

Menguasai pasar sangat penting karena Anda ingin mendapatkan banyak informasi penting yang dibutuhkan untuk menunjang berbagai aspek diversifikasi Anda.

Belajar bagaimana untuk melacak harga spot harian, meneliti emas batangan dan koin serta mencari tempat menjual emas terbaik adalah penting untuk keberhasilan investasi dengan emas.

Tips Investasi Emas 3 = Investasi yang Tepat

Setelah anda melakukan tips investasi emas yang ke-2 maka saatnya Anda melakukan analisa pasar dengan baik untuk dapat berinvestasi dengan tepat.

Investasi di emas adalah sangat eksklusif karena diversifikasi dan bisa melakukan lindung nilai portofolio Anda dari kerugian yang signifikan dibandingkan dengan aset berisiko seperti saham, forex, obligasi dan real estate.

Penasehat investasi emas terkemuka merekomendasikan sekitar diversifikasi 25% dari kekayaan bersih karena ini lindung nilai ¼ bisa melindungi ¾ lainnya dari kekayaan Anda.