Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Jitu Trading Aman Modal Kecil

Tidak mudah bagi para trader untuk trading aman modal kecil. Seorang trader yang sukses di level ini memiliki pengetahuan dan pengalaman.


Ada banyak gaya dan metode untuk dipilih, tetapi semuanya memiliki elemen kunci yang penting.

Hasilnya akan lebih menjanjikan jika trader mau mempelajari beberapa aspek kunci dari setiap strategi, terlepas dari metode yang dipilih.

Dengan mempelajari faktor-faktor kunci, trading aman modal kecil dapat memenuhi atau melampaui harapan.

Lantas, apa saja trik jitu agar trading aman modal kecil bagi pemula?

Psikologi Trading

Salah satu cara untuk memastikan Anda memiliki karir trading yang sukses dengan modal kecil adalah dengan mengelola aspek psikologis Anda.

Menjaga emosi tetap terkendali sangat penting dalam perdagangan karena akan mempengaruhi setiap proses pengambilan keputusan di pasar.

Akan jauh lebih mudah untuk tidak membiarkan emosi menghalangi ketika trading, tetapi dalam praktiknya akan sangat sulit untuk melakukan itu.

Bahkan bagi para trader yang sangat berpengalaman, mereka juga kesulitan untuk melakukan hal yang sama, kecuali bagi para profesional.

Khusus untuk trader yang belum berpengalaman, kesulitan akan terlihat meskipun psikologi merupakan bagian penting dari trading yang sukses.

Kendala pertama yang dihadapi pedagang ketika mencoba menerima kekalahan adalah menerima bahwa itu sesuatu mungkin.

Apa pun yang terjadi, pedagang tidak boleh bereaksi dengan cepat. Luangkan waktu sejenak untuk menenangkan emosi.

Pada titik tertentu, harus ada kondisi di mana pasar tidak bias dan pedagang akhirnya merugi.

Manajemen Risiko

Topik ini sering diabaikan ketika berbicara tentang trading aman modal kecil, tetapi dampaknya sangat menentukan.

Ada kemungkinan bahwa manajemen risiko mungkin bukan sesuatu yang diminati orang seperti mata pelajaran lainnya.

Meskipun topik manajemen risiko merupakan aspek penting yang terkait dengan perdagangan, para ahli jarang menyinggungnya.

Menggunakan modal kecil memberi pedagang lebih sedikit kendali atas perdagangan mereka, dan itulah sebabnya manajemen diperlukan untuk hasil trading yang lebih baik.

Manajemen Waktu

Waktu bisa menjadi halangan bagi trader. Tidak semua pedagang memiliki kesempatan untuk mendistribusikan banyak waktu untuk aktivitas trading.

Beberapa pedagang mungkin hanya memiliki beberapa menit untuk berdagang setiap hari.

Situasi yang diikuti adalah bahwa sedikit perdagangan dibuka, dan itu berarti bahwa sedikit keuntungan dapat dikapitalisasi.

Di sisi lain, trader tidak akan dapat melihat lebih banyak peluang karena mereka tidak selalu memantau pasar.

Sebaliknya, trader lebih mampu memanfaatkan peluang dengan menggunakan pendekatan sekuensial karena hanya fokus pada beberapa area saja.

Manajemen waktu bukan hanya tentang membuka posisi pada waktu yang tepat, tetapi juga tentang memilih waktu yang tepat agar trading yang aman dengan modal kecil dapat berhasil. 

Tidak mudah untuk mencapai tingkat kesuksesan ini, tetapi dengan usaha dan pengalaman yang berkelanjutan, segala sesuatu bisa terjadi.