Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Awal Memulai Bisnis Internet

Ada banyak cara untuk memulai bisnis internet, yang terpenting yaitu action dan fokus. Sebenarnya sebuah bisnis internet sama saja seperti bisnis pada umumnya, yaitu memasarkan suatu produk baik jasa ataupun barang.

Yang membedakannya yaitu Media Pemasarannya Secara Online.  Maksudnya ketika kita ingin berbisnis online, secara langsung kita harus memasarkan barang/jasa kita secara online. Bisa kita membuat website atau landing page.

Banyak yang mengira ketika kita terjun ke bisnis internet kita akan langsung kaya secara mendadak seperti yang kita cari di google.

Yang selalu menawarkan iming-iming penghasilan yang bombastis. Padahal sebuah bisnis ialah sebuah proses yang panjang, yaitu membuat produk/jasa, memasarkan dan menjualnya.

Ketika kita tidak memiliki produk sekalipun kita bisa menjualkan produk orang lain yang di istilahkan Dropshiping atau Reseller. Nah asyiknya bisnis internet itu ialah kita hanya mensettingnya sekali dan sisanya otomatis 24 jam.

Karena ketika kita telah selesai membuat website, website kita akan online 24jam sehari tanpa tutup seperti ruko yang buka 24 jam. Jika kita tahu ilmunya kita akan dengan mudah membuatnya.

Apa sih website itu? Website adalah sekumpulan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet yang bisa diakses keseluruh dunia tanpa terbatas ruang dan waktu.

Langkah Awal Memulai Bisnis Internet

Apa Saja Model Bisnis Internet?

Ada banyak sekali model-model bisnis online, untuk pemula bisa kita mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

Jual Produk/Jasa

Masyarakat sekarang ini sudah mulai sadar untuk mau berbisnis online, banyak sekali akun-akun yang berjualan online. Ketika anda memiliki barang atau jasa bisa anda jual secara online, seperti yang telah saya sebutkan tadi diatas.

Apabila anda kesulitan berjualan online dengan menggunakan sebuah website, bisa anda gabung di forum-forum menjual online atau pasar online, yaitu bukalapak, OLX, jejualan, Tokopedia, dan lain sebagainya.

Menjadi Publisher Iklan

Yaitu anda menyediakan konten yang informatif agar para pengunjung datang dan mengklik iklan yang ada di website anda. Biasa disebut pay per click, yaitu ketika para pengunjung web anda melihat iklan yang tayang di web dan mengkliknya sehingga anda mendapatkan bonus . Layanan iklan ppc (pay per click) yang terpopuler yaitu adsense.

Mengikuti Program Affiliate

Affiliate adalah suatu program bisnis online yang menghubungkan antara pemilik produk dengan konsumennya. Kalau anda mengikuti sebuah program affiliasi anda di haruskan memiliki sebuah website atau blog. Misalnya Ratakan, Jutawan-net dan lainnya. Silahkan googling saja di google.

Membuat Layanan Berlangganan

Ketika anda mahir disuatu bidang anda bisa membuatkan websitenya dan menarik banyak pengunjung yang satu hobi dengan anda. Misalnya anda hobi bermain gitar, anda bisa membuat website tentang gitar, kursus online dan lainnya.

Ketika ada salah satu pengunjung yang tertarik dan sama hobinya dengan anda, anda bisa membuat sebuah ebook, majalah online tentang gitar dan cara bermain gitar. Seperti contoh Guvera, MixradioMusik, Deezer dan lainnya. Banyak sekali kan info berlangganan yang di buat agar mendapatkan uang disana.

Membangun Startup

Apa itu Startup? Starup adalah sebuah bisnis yang dibangun dengan tidak mengikuti bisnis manapun. Seperti contoh GoJek.

Layanan ini bisa menghasilkan uang untuk anda jika anda telah mahir membuat sebuah aplikasi online.

Nah Silahkan anda pilih mau mengawali bisnis anda dari mana? Itu Menjadi pilihan anda dan sesuaikan dengan keahlian dna juga bidang yang anda cintai. Karena bisnis bukan hal simple, butuh pengorbanan uang dan waktu.

Terima kasih