Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Coin yang Bagus untuk Investasi Jangka Panjang

Dalam beberapa tahun terakhir, berinvestasi dalam mata uang digital atau cryptocurrency menjadi semakin populer.

Ada banyak jenis mata uang atau mata uang digital yang umum digunakan sebagai sarana investasi, dan salah satu yang paling populer adalah Bitcoin, yang merupakan mata uang crypto paling potensial untuk berinvestasi.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin kompleks, investasi kini semakin mudah dan dapat dilakukan kapan saja.

Selain berinvestasi di emas dan saham, berinvestasi di mata uang kripto juga sangat populer saat ini. Jadi apa sebenarnya cryptocurrency dan bagaimana cara kerja jenis investasi ini? Berikut ulasannya di bawah ini.

Coin yang Bagus untuk Investasi Jangka Panjang

Coin yang Bagus untuk Investasi Jangka Panjang

Saat membahas jenis-jenis cryptocurrency, butuh waktu lama untuk menjelaskannya. Karena saat ini ada lebih dari 2000 cryptocurrency yang tersebar di seluruh dunia. Namun, tidak semua jenis cryptocurrency dapat diperdagangkan secara bebas.

Di Indonesia sendiri, 229 cryptocurrency saat ini terdaftar di Bappebti dan diperdagangkan secara bebas.

Semua jenis cryptocurrency secara jelas tertulis dalam Peraturan Bappebti No. 7 Tahun 2020 tentang penetapan daftar aset kripto yang dapat diperdagangkan di pasar fisik aset kripto.

Meskipun ada banyak variasi, hanya beberapa jenis mata uang crypto yang populer di kalangan investor.

Berikut adalah beberapa jenis mata coin yang bagus untuk investasi jangka panjang pada tahun 2022.

1. Bitcoin

Bitcoin adalah salah satu cryptocurrency paling populer di dunia, termasuk di Indonesia. Bitcoin sendiri merupakan jenis mata uang crypto pertama dan sekaligus cryptocurrency terbesar saat ini.

Bitcoin pertama kali diluncurkan pada tahun 2009 dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Saat ini, kapitalisasi pasar Bitcoin adalah $752 miliar, terbesar di dunia. Tidak hanya itu, nilai Bitcoin saat ini telah meroket dibandingkan dekade sebelumnya.

Tahun demi tahun, nilai Bitcoin juga terus menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Pada tahun 2012, harga bitcoin masih berkisar $5 hingga $7, atau di kisaran 45.000 - 63.000 rupiah per keping.

Namun, pada awal April 2021, harga Bitcoin sempat mencapai titik tertingginya di $64.800, atau setara dengan lebih dari 930 juta rupiah per slice.

Karena pertumbuhan nilai Bitcoin cenderung terus meningkat, tidak mengherankan jika semakin banyak orang yang tertarik untuk menjadikan koin yang bagus untuk trading sebagai sarana investasi jangka panjang.

Menurut beberapa analis, tren positif untuk Bitcoin juga diperkirakan akan berlanjut di tahun-tahun mendatang.

2. Ethereum

Ethereum adalah cryptocurrency dengan kapitalisasi pasar kedua setelah Bitcoin. Ethereum atau biasa disingkat ETH saat ini memiliki kapitalisasi pasar lebih dari $520 miliar.

Ethereum tidak hanya dikenal sebagai platform cryptocurrency dan blockchain, tetapi juga pengembang program karena aplikasi potensialnya.

Salah satunya disebut kontrak pintar, yang dijalankan secara otomatis ketika kondisi terpenuhi dan token non-fungible (NFT).

Mata uang Ethereum juga mengalami pertumbuhan besar seperti Bitcoin. Dalam waktu satu tahun, harga eter telah meningkat sekitar 10 kali lipat.

Pada April 2021, harga Ethereum sudah menyentuh angka Rp 40 juta per chip, meski harga di 2020 masih Rp 3,2 juta.

Pertumbuhan nilai Ethereum yang sangat positif ini menjadikannya cryptocurrency terbaik untuk diinvestasikan setelah Bitcoin.

3. Binance Coin

Binance Coin atau biasa disingkat BNC adalah cryptocurrency dengan kapitalisasi pasar terbesar ketiga di dunia. Kapitalisasi pasar Binance Coin saat ini lebih dari $88 miliar.

Koin Binance adalah mata uang kripto yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi dan membayar biaya di Binance, salah satu bursa mata uang kripto terbesar di dunia.

Sejak diluncurkan pada tahun 2017, Binance Coin hanya memfasilitasi transaksi di Binance Exchange.

Saat ini, Binance Coin juga dapat digunakan untuk transaksi, pemrosesan pembayaran, dan bahkan pemesanan pengaturan perjalanan.

Jenis mata uang digital ini dapat diperdagangkan atau ditukar dengan bentuk cryptocurrency lain seperti Bitcoin dan Ethereum.

Pada awal 2017, harga Binance Coin hanya sekitar $0,10. Namun, pada Oktober 2021, harganya telah naik menjadi lebih dari $530.

Artinya nilai keuntungan BNC sudah melebihi 530.000%. Dengan peningkatan nilai yang begitu signifikan, tidak mengherankan jika BNC adalah salah satu jenis cryptocurrency terbaik untuk investasi jangka panjang.

4. Tether

Tether adalah cryptocurrency dengan kapitalisasi pasar terbesar keempat di dunia. Saat ini, Tether memiliki kapitalisasi pasar lebih dari 70 miliar.

Tidak seperti bentuk cryptocurrency lainnya, Tether adalah stablecoin yang didukung oleh mata uang fiat seperti dolar AS dan Euro.

Berdasarkan sifat stablecoinnya, Tether memiliki nilai yang lebih konsisten daripada cryptocurrency lainnya.

Ini membuat Tether populer di kalangan investor yang waspada terhadap volatilitas ekstrem pada jenis token lainnya.

5. Solana

Solana adalah cryptocurrency dengan kapitalisasi pasar saat ini lebih dari $60 miliar. Ini menjadikan Solana yang terbesar kelima berdasarkan kapitalisasi pasar di dunia.

Mata uang Solana dikembangkan untuk membantu mendukung penggunaan keuangan terdesentralisasi (DeFi), aplikasi terdesentralisasi (DApps) dan kontrak pintar.

Mata uang ini menggunakan mekanisme bukti kepemilikan dan bukti sejarah hibrida yang unik yang membantu memproses transaksi lebih cepat dan lebih aman.

Mata uang digital Solana pertama kali diluncurkan pada tahun 2020 dengan harga mulai dari $0,77. Tapi sekarang, harga Solana telah mencapai $201,91, meningkat lebih dari 26.000%.