Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Anti Virus untuk Smartphone Android

Aplikasi Anti Virus untuk Smartphone Android – Sistem operasi Android adalah sistem operasi terbuka yang dikembangkan oleh perusahaan Google.

Dengan metode open source yang dipakai memang sangat baik, hal ini membuat developer bisa berkontribusi terhadap sistem operasi Android dengan pengembangan lebih cepat dan inovatif.

Tapi, ada efek negatif yang hadir berkat metode itu. Semua orang bisa mendapat akses ke source code sistem operasi dan membuat program malware yang dikenal dengan virus.

Apa Yang Dimaksud Dengan Virus Ponsel?

Virus ponsel adalah virus komputer yang menyebabkan aplikasi atau fitur ponsel tidak berfungsi dengan baik.

Kecanggihan ponsel hampir mendekati teknologi komputer. Ponsel ini juga menggunakan sistem operasi terbuka sehingga aplikasi pihak ketiga dapat melengkapi kecanggihan fitur standar pabrikan.

Sistem operasi terbuka ini akhirnya menjadi celah bagi masuknya program jahat seperti virus, worm, dan trojan horse.

Seringkali, virus menyamarkan dirinya dalam bentuk yang menarik, seperti permainan atau gambar. Agar lebih menarik, disisipkan teks vulgar ke dalam game atau gambar.

Cara Kerja Virus di Android

Virus yang ditemukan di Android menyebar melalui aplikasi yang berjalan yang diinstal pada smartphone pengguna.

Sumber virus Android sendiri berasal dari aplikasi yang diinstal pengguna. Saat ini, tidak ada kasus virus berbahaya di smartphone yang menyerang perangkat Android pengguna.

Seperti memata-matai, mencuri, dan merusak data Android sebagai malware di Windows. Saat ini hanya adware yang dipahami masyarakat luas sebagai virus.

Pengertian dan Fungsi Antivirus

antivirus adalah perangkat lunak yang dibuat untuk mempertahankan diri dari virus dan untuk memberikan perlindungan dan keamanan bagi data dan sistem di komputer Anda.

Virus sering menyerang komputer yang tidak dilindungi oleh antivirus, tetapi tidak semua perangkat lunak antivirus dapat menghapus virus.

Aplikasi antivirus digunakan untuk melindungi data komputer dari serangan virus. Virus dapat menyebar dari file yang diunduh atau masuk saat menjelajah internet.

Virus juga dapat masuk dan menyerang media penyimpanan seperti flash drive, kartu memori, atau hard drive eksternal.

Karena itu, pindai perangkat sebelum menggunakannya. Jangan lupa bahwa pengguna juga harus sering memperbarui perangkat lunak antivirus mereka.

Perangkat lunak antivirus dapat berjalan secara otomatis di komputer, sehingga dapat mendeteksi infeksi virus secara langsung pada sistem komputer.

Aplikasi Anti Virus untuk Smartphone Android Terbaik

Peran aplikasi keamanan pihak ketiga atau aplikasi anti virus saat ini sangat diperlukan untuk menjaga perangkat Android Anda dari malware yang sangat menganggu, berikut daftarnya:

360 Mobile Security

360 Mobile Security adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh developer asal negeri tiongkok yang bernama Qihoo.

Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk mendeteksi dan memusnahkan semua yang beresiko malware yang ada pada perangkat Android. Aplikasi ini mempunyai tampilan minamalis yang membuatnya memakan sedikit ram.

CM Security

CM security menampilkan sebuah paket al- in-one bagi yang menginginkan sebuah aplikasi pengamanan dan juga pembersihan pada perangkat Android Anda.

Selain itu aplikasi ini juga memberi fitur untuk memblokir panggilan telpon, Anda juga akan mendapatkan fitur lokasi perangkat android Anda ketika kehilangan perangkat tersebut.

Avast Mobile Security & Antivirus

Avast sebelumnya terkenal sebelumnya sebagai antivirus untuk perangkat PC, dan aplikasi mobile-nya pun juga cukup komplit untuk mengamankan perangkat Android yang Anda punya.

Dan selain itu fitur nya juga cukup beragam seperti penguncian aplikasi, backup data, dan juga firewall untuk menjaga koneksi data anda dari malware.

Avira Antivirus Security

Avira Antivirus memiliki tampilan minimalis dan rapi. Desain interface yang ia miliki berkesan modern dan flat, mengikuti tren UI yang berkembang saat ini.

Anda akan menyadari hal itu saat pertama kali membuka aplikasi ini.Aplikasi ini membutuhkan sebuah akun untuk dapat digunakan.

Dan anda hanya perlu memasukan alamat email serta password yang diinginkan. Nantinya akun ini dapat membantu anda ketika login ke dalam aplikasi web milik Avira untuk mendeteksi perangkat Android yang hilang.