Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Trading di Bursa Saham Agar Cepat Cuan

Untuk menjadi investor/trader saham yang sukses, Anda harus melakukan yang terbaik untuk mencapainya.


Investor yang membeli dan menjual saham berdasarkan "feel" atau "nyali" terkadang beruntung, tetapi kebanyakan salah. Bagaimana cara berdagang dengan sukses di bursa saham?

Menjadi benar atau beruntung pada setiap kesempatan bukanlah strategi investasi saham yang sukses.

Langkah-langkah sukses berinvestasi di pasar saham sebenarnya sederhana, namun sulit untuk dijalankan.

Sama seperti tim sepak bola harus memiliki strategi untuk setiap pertandingan, investor tidak boleh memasuki pasar saham tanpa strategi apa pun.

Tetapkan Beberapa Tujuan Keuangan dan Pilih Strategi yang Tepat

Klise memang, tapi itu benar. Anda harus tahu ke mana Anda akan pergi sehingga Anda tahu kapan Anda telah mencapai tujuan Anda.

Tujuan Anda harus fokus dan spesifik. Tujuan seperti "Saya ingin pensiun dengan aset dalam 20 tahun" tidak tepat.

Sasaran/sasaran yang baik adalah "Saya berusia 40 tahun sekarang dan ingin pensiun pada usia 65 tahun.

Pada usia 50, aset saya akan menjadi 1 miliar. Pada usia 55, aset tersebut menjadi 1,5 miliar. Pada usia 60, menjadi 2 miliar, dan pada saat pensiun, itu 3 miliar."

Angka-angka ini mungkin tidak cocok dengan Anda dan memiliki tujuan keuangan lain, seperti membeli rumah atau mobil.

Namun, intinya adalah Anda harus fokus pada tujuan keuangan tertentu dengan tenggat waktu tertentu agar bisa sukses.

Cara trading di pasar saham agar sukses membutuhkan strategi yang tepat yang cocok untuk Anda.

Ada tiga pendekatan dasar untuk berinvestasi, yaitu investasi nilai, investasi pertumbuhan, dan campuran.

Anda mungkin pernah mendengar beberapa metode lain, tetapi ketiganya adalah dasar untuk yang lainnya.

Investasi Nilai

Nilai investasi mungkin yang paling sulit, tetapi memberikan hasil terbaik dalam jangka panjang.

Investor yang menggunakan prinsip investasi nilai menemukan perusahaan yang melakukan perdagangan dengan harga jauh di bawah nilai pasar sebenarnya.

Perusahaan mungkin tidak disukai oleh pasar saham karena tidak berada di sektor saham panas. Atau bisa juga perusahaan dalam industri yang tidak menarik dan dianggap membosankan bagi investor.

Bentuk investasi nilai ini ditemukan oleh Benjamin Graham dan kemudian dipopulerkan oleh Warren Buffett, ketua legendaris Berkshire Hathaway.

Bagian tersulit dari investasi nilai ini adalah bagaimana mengidentifikasi dan menganalisis perusahaan potensial.

Investasi nilai membutuhkan analisis keuangan perusahaan yang terperinci untuk menemukan nilai (intrinsik) perusahaan yang sebenarnya.

Ini seharusnya memberi Anda gambaran mengapa nilainya tidak konsisten dengan harga saham perusahaan di bursa saham.

Imbalan ketika pasar saham menemukan saham dan menaikkan harganya dari harga rendah adalah penting.

Kami membeli pada tingkat yang sesuai. Ini mungkin mengharuskan Anda untuk menahan saham Anda untuk jangka waktu yang lama dan memperbarui penilaian Anda secara teratur.

Investasi Pertumbuhan

Selain nilai investasi di atas, cara trading di bursa saham untuk kesuksesan Anda selanjutnya adalah dengan menerapkan prinsip-prinsip investasi pertumbuhan.

Pertumbuhan investasi adalah bagian yang menarik dari pasar saham. Prinsip ini mencakup aspek penting bagaimana menemukan perusahaan dengan potensi pertumbuhan tinggi di masa depan.

Bintang jatuh yang bersinar terang dan menghilang di pasar saham sesaat harus dihindari. Anda perlu menemukan perusahaan yang solid dan siap untuk pertumbuhan yang berkelanjutan.

Investasi pertumbuhan ini membawa lebih banyak risiko jika Anda terlalu fokus pada modal kecil yang memiliki potensi pertumbuhan yang cepat. Namun, perusahaan memiliki peluang sukses yang baik dalam jangka panjang.

Ada saham dengan pertumbuhan kuat di saham berkapitalisasi besar. Tugas Anda adalah menemukan saham yang sesuai dengan tujuan, strategi, dan toleransi risiko Anda.

Lebih dari 60% perusahaan perdagangannya adalah saham berkapitalisasi besar. Anda perlu memilihnya dan menyesuaikannya dengan situasi dan tujuan keuangan Anda.

Investasi Campuran

Cara sukses trading di bursa saham selanjutnya adalah dengan menerapkan prinsip investasi campuran atau seimbang. Investasi ini menggabungkan strategi investasi nilai dan pertumbuhan.

Menggabungkan keduanya dan mempraktikkan alokasi aset yang baik memberi investor pasar saham yang terbaik dari kedua dunia.

Anda dapat menyesuaikan investasi campuran Anda untuk menambah atau mengurangi potensi pengembalian dan risiko agar sesuai dengan tujuan dan kerangka waktu Anda.

Toleransi risiko individu merupakan faktor penting dalam strategi investasi. Jika Anda merasa nyaman dengan kehilangan sebagian dari investasi awal Anda untuk mendapatkan pengembalian yang lebih besar, ada baiknya untuk memasukkan lebih banyak uang Anda ke pasar saham.