Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Aturan Emas untuk Sukses Trading Saham

Aturan trading saham Anda adalah uang Anda. Jika Anda mengikuti aturan, Anda akan menghasilkan uang.


Namun, jika Anda melanggar aturan trading saham Anda sendiri, hasil yang paling mungkin adalah kehilangan uang.

Setelah Anda memiliki seperangkat aturan trading saham yang solid, penting untuk mengingatnya.

Ini adalah disiplin yang membuahkan hasil. Baca aturan ini sebelum hari Anda dimulai, dan bacalah di akhir hari Anda.

Saya harus mengikuti aturan saya

Secara alami, jika Anda membuat seperangkat aturan, mereka harus dipatuhi. Sudah menjadi sifat manusia untuk ingin melanggar atau mengubah aturan, dan itu membutuhkan disiplin untuk terus bertindak sesuai dengan norma yang ditetapkan.

Saya tidak akan pernah mengambil risiko lebih dari 3% dari total portofolio saya pada satu trading saham

Ada banyak pedagang kuno. Ada beberapa dealer yang berani. Tapi tidak ada dealer tua yang berani. Melindungi basis modal Anda sangat penting untuk kinerja pasar saham jangka panjang.

Saya akan memotong kerugian saya sebesar 5% hingga 15% ketika saya salah tanpa pertanyaan

Beberapa pedagang memiliki toleransi risiko yang lebih rendah. Aspek utama di sini adalah untuk menetapkan titik setel (stop loss) yang berada dalam toleransi kerugian Anda. Pantau kinerja saham Anda dan pertahankan stop loss Anda.

Jangan pernah menetapkan target harga

Ini adalah strategi yang memungkinkan saya memanfaatkan kenaikan harga saham secara maksimal. Biarkan saja penghasilannya berjalan. Pada kenyataannya, saya buruk dalam memilih atasan. Jangan pernah merasa bahwa suatu saham telah naik terlalu cepat. Bersiaplah untuk menyerahkan sebagian besar keuntungan Anda dengan imbalan keuntungan yang jauh lebih besar.

Uang besar diperoleh dengan memperdagangkan gerakan BESAR yang terkadang saya perhatikan.

Kuasai satu gaya

Terus belajar dan tingkatkan pada pendekatan trading yang satu ini. Jangan pernah beralih dari satu strategi perdagangan ke strategi perdagangan berikutnya. Daripada menjadi biasa-biasa saja dalam mengintegrasikan banyak gaya, kuasai satu.

Biarkan harga dan volume menjadi panduan saya

Jangan pernah mendengarkan pendapat siapa pun mengenai pasar saham atau ekuitas tertentu yang sedang Anda pikirkan atau perdagangkan. Harga dan volume mewakili segalanya.

Ambil semua sinyal valid yang muncul

Jangan membuat alasan. Jika sinyal masuk muncul, tidak ada alasan untuk tidak mengambilnya.

Jangan pernah berdagang dari data intra-hari

Harga saham selalu berfluktuasi sepanjang hari perdagangan. Menggunakan data ini untuk memperdagangkan momentum mungkin mengarah pada beberapa kesimpulan yang buruk.

Luangkan waktu

Trading saham yang sukses lebih dari sekedar trading. Ini juga melibatkan ketabahan mental dan kebugaran fisik.

Setiap hari, istirahatlah dari komputer dan kerjakan hal lain untuk meredakan ketegangan. Trader yang stres akan gagal dalam jangka panjang.

Jadilah trader di atas rata-rata

Anda tidak perlu melakukan sesuatu yang luar biasa untuk berhasil di pasar saham. Sederhananya, Anda tidak boleh melakukan apa yang biasa dilakukan pedagang. Pedagang biasa tidak menentu dan tidak disiplin.

Setiap hari, tanyakan pada diri Anda, "Apakah saya mengikuti pendekatan saya hari ini?" Jika Anda menjawab tidak, Anda dalam bahaya dan perlu berkomitmen kembali pada pedoman perdagangan saham Anda.