Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tahap Investasi Online untuk Investor Pemula dan Berpengalaman

Barangkali Anda adalah seorang investor yang berpengalaman, atau mungkin Anda sedang mencari panduan investasi online bagi pemula.

Mempelajari tentang bagaimana dan di mana bisa berinvestasi secara online barangkali merupakan sesuatu yang terasa luar biasa.


Tenang, lebih mudah dari yang Anda bayangkan. Banyak investor baru dan berpengalaman yang menggunakan internet sebagai cara cepat untuk berinvestasi.

Dengan tiga langkah mudah berikut Anda bisa segera melakukan investasi online:

Tahap 1: Memilih Program Investasi

Banyaknya pilihan investasi yang ada di pasar, menyebabkan hal ini menjadi langkah paling sulit pada saat akan memulai investasi online.

Mulai dari saham, obligasi, reksadana, hingga sertifikat deposito. Apapun pilihan investasi Anda, hal yang terpenting yang Anda butuhkan adalah melakukan riset sebelum menginvestasikan uang Anda.

Tahap 2: Memilih Pialang Online

Saat artikel ini ditulis, ada dua broker atau pialang online yang sangat populer yaitu Etrade dan Scottrade (dan hal ini terus berkembang).

Tergantung dari pasar mana yang Anda pilih dan berapa banyak uang yang Anda alokasikan, akan menentukan broker mana yang Anda harus pelajari lebih dalam.

Ingat, penting untuk mempelajari fakta-fakta tentang broker sebelum menentukan tempat untuk menanam investasi Anda.

Tahap 3: Depositkan Uang Anda dan Mulailah Berinvestasi

Sebagian besar broker online menawarkan banyak pilihan investasi. Dan sebelum bisa melakukan investasi, Anda perlu melakukan deposit terlebih dahulu.

Anda bisa melakukan deposit dengan terlebih dahulu mentransfer uang dari rekening bank Anda ke e-currency (uang elektronik, misalnya paypal) yang Anda pilih.

Dan selanjutnya ke rekening Anda di broker online yang Anda tempati berinvestasi. Setelah Anda memiliki deposit di rekening online Anda, barulah Anda bisa mulai berinvestasi.

Sedikit saran bagi siapa pun yang baru dalam dunia investasi online: Konsultasilah ke penasihat investasi dan dengarkanlah setiap detail saran yang diberikan.

Mungkin mereka merekomendasikan ataupun memberi arahan mengenai pasar saham dan investasi.

Ingat juga, untuk mempelajari TREN yang perlu dihindari, hal ini akan menghemat uang Anda untuk kepentingan masa depan.