Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilihan Kredit Tanpa Agunan Sesuai Dengan Kebutuhan

Anda dapat memilih berdasarkan kebutuhan Anda saat ini ketika mengajukan produk kredit, pinjaman, atau pembiayaan di bank. Salah satu produk yang memberikan keleluasaan tersebut adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Pasalnya, kredit tanpa agunan merupakan salah satu produk kredit atau pembiayaan yang ditawarkan oleh bank yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Kredit tanpa agunan dapat digunakan untuk mendanai pendidikan, pernikahan, dan liburan.


Kredit tanpa jaminan, sesuai dengan namanya, adalah bantuan pembiayaan yang ditawarkan oleh bank kepada Anda tanpa jaminan atau agunan sebagai syarat.

Pinjaman tanpa agunan ini bisa menjadi pilihan yang baik bagi Anda yang perlu memperbaiki situasi keuangan Anda dengan cepat.

Hal ini dikarenakan syaratnya yang cukup sederhana jika dibandingkan dengan pengajuan kredit dengan agunan.

Proses aplikasi dapat diselesaikan dengan cepat dengan persyaratan yang relatif sederhana ini.

Jenis Kredit Tanpa Agunan

Secara umum, Anda dapat mengajukan dua jenis produk kredit tanpa agunan dari bank.

Kredit tanpa agunan reguler

KTA Reguler merupakan salah satu jenis kredit tanpa agunan yang tersedia sebagai produk layanan perbankan.

Tujuan utama kehadiran KTA secara rutin adalah untuk membantu meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat.

Anda tidak perlu membuka rekening atau menjadi nasabah bank untuk mengajukan KTA jenis ini.

Namun, jika Anda adalah nasabah bank tersebut, proses pengajuannya biasanya akan lebih mudah.

Dengan kondisi yang memudahkan banyak orang untuk mengajukan kredit, tidak heran jika KTA reguler memiliki banyak pengikut di masyarakat.

Kredit tanpa agunan payroll

Payroll adalah pinjaman tanpa agunan untuk KTA yang hanya dapat diajukan oleh karyawan perusahaan yang menggunakan sistem payroll bank.

Payroll adalah sistem pembagian gaji karyawan yang ditawarkan perusahaan kepada bank tertentu agar prosesnya berjalan secara otomatis.

Keuntungan dari jenis kredit tanpa agunan ini adalah kemungkinan limit dana yang lebih besar dan lebih cepat karena bank sudah mengetahui informasi pribadi dan pendapatan pemohon. Ini mempercepat proses analisis.

Tips Agar Pengajuan Kredit Cepat Disetujui

Meski memiliki proses aplikasi yang relatif cepat, pihak bank membutuhkan waktu untuk mengevaluasi aplikasi kredit yang Anda ajukan.

Penilaian tersebut dilakukan sebagai bagian dari strategi mitigasi risiko bank atas kerugian finansial.

Sebelum mengajukan kredit tanpa agunan, sebaiknya pelajari dulu tentang proses penilaian kredit. Ini adalah bagian dari persiapan Anda agar proses aplikasi dapat diselesaikan dalam jangka waktu yang Anda antisipasi.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebelum mengajukan kredit tanpa jaminan.

Tetapkan kebutuhan

Banyak aspek kebutuhan yang harus dipenuhi saat melakukan aktivitas sehari-hari. Tak jarang aspek finansial menjadi faktor pendukung dalam membantu Anda memenuhi kebutuhan tersebut.

Namun, jika Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman tanpa jaminan, Anda harus memprioritaskan kebutuhan Anda terlebih dahulu.

Persyaratan ini akan dikomunikasikan ke bank saat Anda mengajukan aplikasi. Akibatnya, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa Anda telah mengidentifikasi kebutuhan Anda.

Apakah dana yang Anda cari melalui kredit tanpa jaminan adalah untuk tujuan pendidikan, liburan, pernikahan, atau perbaikan rumah.

Dengan informasi yang jelas tentang persyaratan ini, bank akan dapat mengambil keputusan yang tepat dengan lebih cepat.

Kalkulasikan dana sesuai kebutuhan

Anda harus menghitung dana yang dibutuhkan setelah menentukan kebutuhan mana yang menjadi prioritas.

Tentu saja, Anda sudah memiliki rencana anggaran pribadi untuk kebutuhan yang Anda tentukan, seperti pendidikan, liburan, pernikahan, atau renovasi rumah.

Namun, saat mengajukan kredit tanpa agunan, Anda harus memastikan bahwa perhitungan dana yang dibutuhkan sudah benar.

Kesesuaian berarti tidak ada perhitungan yang melebih-lebihkan jumlah dana yang dibutuhkan. Mungkin Anda harus menyertakan kemungkinan dana tambahan. Namun, biasanya ditambahkan dalam jumlah kecil.

Setelah menentukan kebutuhan mana yang paling penting, Anda harus menghitung dana yang dibutuhkan.

Tentu saja, Anda memiliki anggaran pribadi untuk kebutuhan spesifik Anda, seperti pendidikan, liburan, pernikahan, atau perbaikan rumah.

Namun, saat mengajukan kredit tanpa agunan, Anda harus memastikan dana yang dibutuhkan sudah diperhitungkan dengan benar.

Kesesuaian menyiratkan bahwa tidak ada perhitungan yang melebih-lebihkan jumlah dana yang dibutuhkan.

Anda harus mempertimbangkan untuk memasukkan kemungkinan pendanaan tambahan. Namun, biasanya ditambahkan dalam jumlah kecil.

Perhatikan skor kredit

Skor kredit Anda adalah salah satu penilaian paling umum yang digunakan untuk menentukan apakah akan memberikan kredit tanpa jaminan atau tidak.

Perlu dipahami bahwa skor kredit adalah penilaian berdasarkan riwayat pinjaman atau transaksi kredit Anda sebelumnya.

Penggunaan kartu kredit, pembiayaan rumah, pembelian barang elektronik, dan pinjaman kepemilikan kendaraan bermotor adalah contoh transaksi pinjaman yang berkontribusi terhadap skor kredit Anda.

Nilai kredit yang baik atau buruk ditentukan oleh kemampuan Anda dan bagaimana Anda membayar tagihan Anda.

Jika Anda memiliki kebiasaan membayar tagihan setelah tenggat waktu, hal ini akan berdampak pada skor kredit Anda.

Jika bank menemukan skor kredit rendah, aplikasi kredit tanpa jaminan Anda kemungkinan besar akan dibatalkan, dan Anda akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengajukan kembali nanti.

Pembatalan tersebut dilakukan untuk mengurangi risiko gagal bayar atau kredit macet yang akan mengakibatkan kerugian bagi bank.