Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bermain Saham untuk Pemula


Setelah kita memutuskan ­membeli saham baik itu untuk tujuan trading maupun investasi, maka muncul pertanyaan bagaimana Tips Bermain Saham untuk Pemula dalam membeli saham perusahaan yang sudah diyakini akan tingkat profitabilitas finansialnya.


Tips Bermain Saham yang perlu kita ketahui sebelumnya adalah adanya pihak yang menghubungkan calon investor kepada emiten atau (perusahaan) yang jadi perantara atau disebut Broker (pialang).

4 Tips Bermain Saham untuk Pemula

1. Siapkan Dana

Dalam bermain saham, Seberapa besar sih dana yang anda butuhkan? Ini biasanya jadi pertanyaan klasik untuk mereka yang sekedar “kepo” atau benar serius ingin membeli saham.

Perlu kita ketahui bahwa Investasi saham untuk masak ini tak membutuhkan dana sebesar dahulu. Kini, kita sudah dapat berinvestasi saham cukup dengan modal satu ataupun lima juta Rupiah.

Beberapa broker (pialang) bahkan menyediakan suatu rekening khusus yang dapat dibuka menggunakan modal awal 100,000 Rupiah.

Semenjak Pemerintah menetapkan besar jual beli saham minimum untuk per lot adalah 100 lembar, saham-saham bisa dibeli menggunakan dana yang relative rendah.

Namun, ada beberapa saham likuiditas tinggi seperti Telkom (TLKM) kisaran harga sahamnya adalah Rp 2700 perlembar.

Ini berarti untuk membelinya kita harus menyiapkan modal Rp 270.000 supaya bisa membeli saham TLKM sebanyak 1 Lot.

2. Memilih Broker

Tahap kedua Tips Bermain Saham untuk pemula adalah memilih Broker. Hingga saat ini ada sekitar 115 Broker (situs website BEI) yang dapat kita pilih jadi perantara dan mitra dalam menemukan saham yang bisa menguntungkan.

Broker ataupun pialang tentu memiliki karakteristik masing-masing,  ada terkenal karena akses infromasi serta pengetahuan pasar luas, ada yang terkenal sebab online trading nya, atau mungkin ada yang menawarkan untuk modal awal yang rendah. Jadi temukanlah broker yang cocok dengan kebutuhan.

3. Mendaftar di Broker Saham

Untuk daftar ke broker saham kita bisa melakukannya via telepon maupun email ke broker yang kita dapatkan dari info di Bursa Efek atau forum-forum online lain.

Atau dapat dengan langsung mendatangi Bursa Efek Indonesia, jika kebetulan ada di Jakarta. Sangat mudahkan?

4. Perdalam Pengetahuan Investasi dan Trading

Pengetahuan investasi dan trading dan pergerakan pasar ialah hal krusial yang harus kita ketahui sebanyak mungkin dalam Tips Bermain Saham pemula.

Saat terjun di dunia investasi dan trading, jangan sama sekali masuk tanpa pengetahuan memadai.  Bermodal spekulasi tak cukup, kita harus cerdas untuk melihat keberagaman dan alasan dari fluktuasi pasar.

Selain itu, pengetahuan saham dari perusahaan yang kita beli harus benar maksimal. Siapa saja tentu saja tak ingin perusahaan yang jadi mitranya tiba-tiba anjlok.