Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pintar Buat Baterai Smartphone Tahan Lebih Lama

Smartphone sulit terlepas dari kehidupan sehari-hari, bahkan sejumlah orang mengaku tak bisa hidup tanpanya.

Sayang sekali, daya baterai cepat habis masih menjadi masalah terbesar meski kehadiran power bank alias portable charger diklaim sudah sangat membantu.


Agar smartphone kesayangan bisa dipakai seharian untuk beraktivitas, kami telah merangkum 14 cara pintar yang bisa dilakukan oleh pengguna.

1. Nonaktifkan WiFi dan Bluetooth

Buat apa mengaktifkan WiFi dan Bluetooth bila tidak dipakai? Kedua fitur tersebut memang bermanfaat, tetapi mengaktifkan terus-menerus tanpa digunakan sebagaimana mestinya justru hanya menguras baterai. Oleh karena itu, nonaktifkan saja.

2. Nonaktifkan fitur suara dan getar saat mengetik

Masih banyak pengguna yang merasa nyaman dengan suara dan getaran selagi mengetik. Namun mengaktifkan kedua fitur tersebut memakan tumbal cukup besar, yakni terkurasnya daya baterai.

Sebaiknya di-nonaktifkan saja, justru mengetik jadi lebih nyaman. Selain itu, pertimbangkan pula mengecilkan suara ringtone.

3. Hindari flash saat berfoto

Bila ingin berfoto di siang hari atau berada di lingkungan bercahaya terang, matikan saja fitur flash.

Gunakan fitur tersebut saat berada di ruangan minim cahaya, selain itu flash menguras baterai lebih besar bila dipakai mengambil banyak gambar di waktu bersamaan.

4. Turunkan kecerahan layar

Trik laptop ini ternyata berlaku untuk smartphone. Menurunkan tingkat kecerahan layar akan menghemat pemakaian baterai smartphone.

Walaupun terasa tidak nyaman di awal pemakaian, nanti bakal terbiasa dengan sendirinya. Silahkan buktikan!

5. Matikan aplikasi

Jangan biarkan sebuah aplikasi terus menyala yang akan menguras daya baterai. Setelah memakai sebuah aplikasi, segera dimatikan untuk sementara waktu. Ini juga berlaku bagi aplikasi-aplikasi background.

6. Ponsel untuk menelpon

Baterai smartphone sering terkuras saat dipakai main game, nonton video atau browsing. Padahal ponsel juga dipakai untuk aktivitas lainnya seperti berkirim pesan atau menelpon.

Jika daya baterai tinggal sedikit, ada baiknya tak melakukan aktivitas yang berat-berat. Sisakan sedikit saja untuk menelpon dan balas SMS.

7. Airplane mode

Pada saat-saat tertentu, smartphone tidak dipakai untuk kegiatan apapun seperti waktu jam kerja.

Manfaatkan waktu luang itu untuk mengaktifkan fitur ‘airplane mode’ yang secara otomatis akan mematikan pencarian sinyal hingga di-nonaktifkan kembali.

Airplane mode juga bisa dipakai sewaktu tengah mengendarai mobil atau motor supaya lebih konsentrasi.

8. Hindari panas

Jangan pernah menaruh ponsel di dalam mobil saat cuaca sedang panas atau di tempat bersuhu tinggi. Percaya atau tidak, hal sepele ini justru membuat baterai terkuras lebih cepat.

9. Nonaktifkan GPS

Tak bisa disangkal GPS punya banyak manfaat hebat yang membantu pencarian lokasi atau arah jalan.

Sayangnya, daya baterai smartphone bakal terkuras lebih cepat saat fitur tersebut aktif. Matikan GPS saat tidak dipakai, intinya gunakan untuk momen-momen tertentu saja.

10. Persingkat fitur sleep

Setiap smartphone bakal masuk ke mode sleep secara otomatis jika dibiarkan selama beberapa waktu. Oleh karena itu, ubah settingan mode sleep dengan memilih durasi waktu paling singkat.

11. Nonaktifkan notifikasi dan sinkronisasi email

Sebenarnya hal ini kurang begitu penting, apalagi sedang dalam perjalanan. Membiarkan smartphone melakukan notifikasi atau sinkronisasi secara terus-menerus akan menguras daya baterai lebih cepat daripada sebelumnya.

12. Update aplikasi

Jangan menunda-nunda bila ada aplikasi yang menawarkan update terbaru, segera perbarui! Biasanya update aplikasi terbaru hanya memakai daya yang lebih sedikit, sayangnya ketetapan ini tak berlaku bagi semua aplikasi.

13. Bawa power bank

Jangan lupa membawa power bank kemana saja saat berpergian. Itulah solusi terbaik menjaga daya baterai smartphone tetap terpenuhi. Pilih power bank dengan fitur-fitur pelengkap yang menjaga keamanan gadget dari kerusakan akibat arus pendek.

14. Nonaktifkan ponsel

Inilah cara paling efektif namun tak mungkin dilakukan sepanjang waktu. Matikan ponsel di waktu yang tepat untuk menghemat baterai, contoh saat hendak tidur atau berada di lokasi susah sinyal.