Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah JPG ke PDF Dengan Cepat dan Mudah

Barangkali Anda pernah beberapa kali diminta melengkapi berkas-berkas online dengan format PDF, tapi file Anda masih berbentuk image JPG.

Tentu Anda akan mencari tahu cara mengubah JPG ke PDF dengan cara yang sangat praktis. 


Dengan demikian, saat Anda butuh sebuah scan dokumen yang formatnya pdf, bisa dengan segera dikirimkan sesuai ketentuan.

Untuk konversi file JPG menjadi PDF dapat dilakukan secara online maupun offline. Bisa juga dilakukan dengan atau tanpa aplikasi.

Untuk Anda yang membutuhkan informasi cara mengubah JPG ke PDF, simak panduan berikut ini.

Cara Mengubah JPG ke PDF secara Online

Jpg2pdf.com

Yang pertama adalah melalui web Jpg2pdf.com.  Anda bisa buka web https://jpg2pdf.com/. Setelah web terbuka, klik tombol ‘Upload Files’

Anda bisa pilih hingga 20 gambar yang ingin dikonversi. Anda juga dapat menyeret file ke area ‘drop your files here’ untuk mulai mengunggah file Anda. 

Tunggu beberapa saat hingga proses pengunggahan dan konversi selesai. Jika Anda memproses beberapa file.

Klik thumbnail untuk mengunduh file PDF satu per satu untuk masing-masing gambar. Klik ‘Combine’ untuk menggabungkan semua file ke dalam satu PDF.

Hipdf.com

Untuk menggunakan Hipdf, langkah yang pertama, Anda buka https://www.hipdf.com/.

Di sana ada banyak pilihan misalnya Compress PDF, PDF to Word, Word to PDF, dst. Pilih ‘Image to PDF’.

Pada halaman berikutnya, pilih ‘JPG to PDF’. Pilih ‘Choose File’ dan siapkan file foto yang ingin dijadikan PDF. Bisa juga seret foto dan letakkan ke bagian ‘drop files here’

Setelah itu tunggu sejenak, file sedang diunggah. Klik ‘Convert’. Setelah itu konversi selesai, Anda bisa langsung Download hasil dari gambar yang dikonversi dari JPG ke PDF.

Smallpdf.com

Dengan Smallpdf Anda dapat mengkonversi file JPG ke PDF dan juga mengompresnya menjadi ukuran 200 KB atau kurang dari itu.

Ini juga praktis karena tidak dibutuhkan pendaftaran akun. Begini langkah-langkah mengubah file JPG ke PDF dengan ukuran 200 KB:

Buka https://smallpdf.com/jpg-to-pdf  kemudian seret dan letakkan JPG Anda di bagian ‘Choose File’

Sesuaikan opsi ukurannya. Anda bisa mengatur ukuran (A4, auto, letter), orientasi (portrait/landscape), dan margin-nya (small margin, big margin, atau no margin). Lalu klik ‘Create PDF Now’.

Di halaman berikutnya, klik ‘Compress’ dan pilih ‘Basic Compression’. Maka file PDF baru pun siap.

Unduh file PDF Anda yang telah selesai dikonversi dan dikompresi.

Cara Mengubah JPG ke PDF di HP Android

Untuk dapat mengubah file JPG ke PDF di Android, Anda memerlukan aplikasi Image to PDF Converter yang dapat di download pada tombol diatas.

Setelah aplikasi berhasil diinstal, bukalah aplikasi tersebut. Dari layar utama, izinkan IMG2PDF untuk mengakses file di perangkat smartphone Anda. 

Pada halaman ‘Tap to select’, pilih gambar yang akan diubah menjadi PDF. Atau jika file belum tersedia dan harus diambil dengan jepretan kamera, tap ikon kamera di pojok kanan atas.

Setelah itu Anda langsung klik saja ‘Convert to PDF’ maka sebuah dokumen PDF yang baru ini siap disimpan ke dalam ponsel. 

Karena prosesnya cukup sederhana untuk bisa mengubah file JPG ke PDF ini, setiap pengguna bisa melakukan dalam waktu yang relatif singkat.

Mengubah JPG ke PDF di Mac Book

Apakah Anda pengguna Mac book? Untuk mengubah file JPG menjadi PDF di perangkat Mac book kesayangan Anda, coba langkah-langkah yang berikut ini. 

  • Sebelumnya, bukalah terlebih dahulu file JPG Anda dengan Preview, lalu pilihlah gambar yang Anda inginkan di bagian menu sidebar.
  • Selanjutnya, Anda bisa Klik ‘File’ kemudian klik opsi ‘Print Selected Images’. 
  • Pada bagian jendela yang sudah terbuka itu, Anda bisa klik pada menu dropdown yang ada di bagian sudut bawah. Berikutnya, Anda pilih ‘Save as PDF’.
  • Anda bisa memberi nama file Anda, lalu pilihlah lokasi penyimpanan yang Anda inginkan, dan tinggal klik Save.

Ada juga alternatif bagi Anda, yaitu Anda dapat memakai aplikasi bernama Automator.

Ini adalah aplikasi yang menjadi bawaan setiap komputer OS X. Automator mempunyai fasilitas yang bisa memudahkan Anda mengkreasikan file PDF bahkan dengan jumlah yang banyak.

Untuk menjalankannya, bukalah aplikasi Automator, dan pergilah ke menu ‘Choose Finder Items’, lalu pilih ‘New PDF from images’. Setelah itu pilihlah gambar yang mau Anda ubah ke dalam format PDF.

Mengubah JPG ke PDF dengan Microsoft Word 

Sekarang Anda bisa menerapkan cara yang lebih praktis. Yakni menggunakan Microsoft Word agar bisa mengubah file JPG menjadi PDF. Berikut langkah-langkahnya yang dapat Anda lakukan.

  • Pertama-tama, Anda buka dulu halaman Microsoft Word yang masih kosong.
  • Setelah itu Anda siapkan File image atau foto JPG ke halaman Microsoft Word yang kosong tersebut. Kemudian masukkan (insert) sebuah gambar JPG pilihan Anda tersebut ke dalam Microsoft Word. 
  • Begitu Anda sudah memasukkan sebuah file gambar JPG tadi, selanjutnya bisa menuju langkah selanjutnya. 
  • Barangkali Anda ingin menambah satu file gambar lagi. Insert image ke dalam halaman Microsoft word berikutnya.
  • Jika sudah selesai, langkah selanjutnya adalah Anda simpan file foto atau gambar JPG yang  telah di-insert tersebut ke dalam Microsoft Word seperti langkah di atas. 
  • Untuk menjadikan file tersebut berganti format menjadi PDF, Anda tinggal klik  Save As lalu Browse untuk menentukan folder penyimpanan file tersebut. Pada pilihan ‘Save As Type’ Anda bisa pilih yang PDF. Nah Sekarang file JPG Anda telah berubah jadi PDF.

Mengubah JPG menjadi PDF dengan Menggunakan Microsoft Print

Sekarang kita coba cara lainnya. Apabila Anda memakai versi Windows 10, bisa jadi ini lebih mudah.

  • Langkah yang pertama, bukalah file image JPG Anda dan beri perintah untuk mencetak, atau dengan shortcut Ctrl + P. Pada bagian Setting Printer, pilihlah Microsoft Print to PDF. 
  • Kemudian periksalah size foto yang Anda inginkan untuk menjadi versi PDF itu. 
  • Selanjutnya Anda klik pilihan Print. Di halaman selanjutnya, masukkanlah nama file dan pilihlah lokasi untuk menyimpan file tersebut 
  • Akhirnya Anda bisa klik Save dan selesailah sudah.

Mengubah File JPG menjadi PDF dengan Aplikasi Nitro Reader


Sebelumnya Anda harus menginstal aplikasi bernama Nitro Reader lebih dulu. Kalau Anda belum memilikinya, Anda bisa men-download dulu di internet.

Pilihlah file Image JPG  Anda yang akan Anda ubah jadi PDF.

Klik kanan lalu pilih opsi ‘Print’

Pada bagian menu cetak, ganti pilihan printer jadi Nitro PDF Creator setelah itu Anda klik Save dan prosesnya pun selesai.

Di antara cara-cara di atas, mana yang menjadi pilihan Anda? Semoga cara-cara di atas dapat memudahkan pekerjaan Anda ya.