Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Word ke PDF Online dan dengan Aplikasi

Mulai dari mahasiswa sampai pekerja kantoran di Indonesia pada umumnya menggunakan aplikasi Ms Word untuk menuliskan suatu dokumen.

Terkadang ketika kita mengirimkan file Word dan membukanya di perangkat lain file menjadi berantakan dan susah dibaca.


Untuk menghindari hal ini, Anda dapat mengubah file word Anda ke format PDF.

Terdapat beberapa cara mengubah word ke pdf baik di dapat dilakukan secara online maupun offline tanpa menggunakan jaringan internet.

Mengubah file word ke pdf adalah cara aman agar file Anda aman terhindar dari resiko kerusakan bahkan dari serangan virus.

Terdapat beberapa kasus di mana file word bisa hilang dikarenakan virus di komputer, apalagi jika Anda akan melakukan print out file Anda di jasa print yang digunakan banyak orang.

Risiko file Anda hilang dan rusak akan semakin besar. Untuk menghindari hal tersebut, artikel ini akan membahas tutorial bagaimana cara mengubah word ke pdf.

Langkah-langkah cara mengubah word ke pdf yang perlu dilakukan cukup sederhana dan tidak sulit, berikut informasi lengkapnya.

Cara Mengubah Word ke PDF secara Offline Menggunakan Program Ms Word

Mengubah format file word ke PDF dengan program Microsoft words sebenarnya sangat mudah.

Namun bagi Anda pengguna Ms Word 2007 ke bawah, untuk bisa menyimpan file word dalam format pdf Anda diperlukan menginstall Add-in Microsoft Save as PDF or XPS.

Jika Anda menggunakan MS Word 2007 ke atas, maka Anda tidak perlu menginstall tambahan ini. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk merubah format word ke PDF:

  • Buka file word yang ingin Anda ubah formatnya menjadi PDF
  • Setelah terbuka, klik pada pilihan menu File di pojok kiri atas. Bagi pengguna Ms Office 2007, klik pada logo Microsoft Office yang juga berada di pojok kiri atas.
  • Terdapat beberapa pilihan di sana, Klik pada bagian “Save As”.
  • Pilih lokasi File
  • Setelah Anda menekan “Save As” maka Anda akan ditujukan pada jendela penyimpanan file. Anda bisa memilih dimana file ini akan disimpan. Jika Anda perlu merubah nama file, maka Anda bisa menggantinya pada kolom file name yang tersedia.
  • Save as type – PDF
  • Setelah mengganti nama, jangan lupa untuk menekan pilihan drag down yang tersedia. Pilihlah format PDF. Setelah memilih format PDF, Anda bisa memilih jenis pengoptimalan penyimpanan file PDF apakah untuk keperluan publishing online atau keperluan cetak.
  • Biasanya, jika untuk keperluan publishing online, size atau ukuran file menjadi lebih kecil daripada ukuran standard dengan keperluan cetak.
  • Langkah terakhir adalah klik save. Tunggu beberapa saat proses menyimpan file word menjadi PDF. Biasanya hanya memakan waktu sebentar saja, akan tetapi waktu yang diperlukan untuk memproses penyimpanan ini bergantung pada jumlah halaman. Jika ukuran file semakin besar, maka proses penyimpanannya juga akan semakin lama.

Cara Mengubah Word ke PDF dengan Word Cara Kedua

Selain cara di atas, terdapat cara lain untuk mengconvert file word menjadi pdf dengan program Ms Word.

Cara lain yang digunakan adalah dengan menggunakan fitur Print dan juga menu Export.

  • Untuk mengubah word menjadi PDF dengan fitur print, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka file dokumen word yang ingin Anda ubah ke format PDF.
  • Kemudian klik menu File, lalu pilih Print. Pada opsi Printer terdapat menu drag down, nah, pada menu ini pilih “Microsoft Print to PDF”.
  • Langkah selanjutnya klik ikon dengan gambar printer.
  • Selanjutnya akan muncul jendela penyimpanan. Beri nama file PDF tersebut kemudian pilih direktori penyimpanan file yang Anda inginkan. Tahap terakhir, klik “Save” untuk menyimpan.

Sedangkan untuk mengubah dokumen word menjadi PDF dengan menggunakan menu export, caranya juga sangat sederhana.

  • Pertama, buka file dokumen word Anda. Kemudian klik menu File yang ada di pojok kiri atas.
  • Langkah selanjutnya klik pada pilihan “Export” lalu pilih “Create PDF/XPS”. Selanjutnya klik “Save” untuk menyimpan.

Cara Mengubah Word ke PDF secara Offline Menggunakan Program Foxit Reader

Seperti namanya, Foxit Reader adalah program yang berfungsi untuk membaca dokumen dengan format PDF.

Selain itu, program ini juga bisa digunakan untuk mengubah format berbagai jenis file menjadi format PDF. Caranya sebagai berikut:

  • Install aplikasi Foxit Reader
  • Temukan file yang akan Anda ubah formatnya ke PDF. Klik kanan pada file word tersebut kemudian pilih “Convert to PDF” pada Foxit Reader
  • Program Foxit Reader akan berjalan dan membuka file terpilih. Klik “Menu File” kemudian tekan pada menu “Save”.

Cara Mengubah Word ke PDF secara Online Lewat Google Drive

Selain sebagai layanan penyimpanan Google Drive ternyata bisa mengubah format file word menjadi PDF.

Google Drive memiliki fitur untuk mengedit dokumen dan Anda bisa menyimpannya ke dalam bentuk format PDF. Langkah-langkahnya seperti yang ada di bawah ini:

  • Langkah pertama, Anda harus masuk ke akun Google Drive.
  • Upload dokumen dengan format .doc atau .docx yang ingin Anda ubah menjadi format PDF ke Google Drive.
  • Setelah berhasil terupload, bukalah file word tersebut dengan melakukan double klik atau klik kanan kemudian tekan “Open With”, lalu pilih “Google Docs”. Jendela baru akan terbuka dan file Anda sudah berada di dalam halaman penyuntingan Google Docs.
  • Klik menu “File” yang berada di sebelah kiri atas. Selanjutnya akan ada menu drop down dengan berbagai pilihan. Klik pada bagian “Download” lalu pilih “PDF Document”.
  • Tunggu proses download sesaat. Jika proses download sudah selesai, maka file word Anda kini sudah di convert menjadi file PDF. Simpan file tersebut di direktori penyimpanan yang Anda inginkan.

Cara Mengubah Word ke PDF secara Online Melalui Website PDF Converter

Terdapat berbagai website yang menyediakan jasa convert suatu dokumen menjadi file dengan format PDF.

Salah satu website yang menyediakan jasa ini adalah smallpdf. Berikut langkah-langkah untuk mengconvert file word menjadi PDF:

  • Buka halaman https://smallpdf.com setelah halaman utama terakses, pilih “Word to PDF”
  • Pilih file yang akan Anda ubah formatnya menjadi PDF dengan klik “Choose Files” atau Anda bisa menyeret file Anda pada box biru yang terpampang pada halaman tersebut.
  • Setelah memilih file, tunggu proses upload dan juga convertingnya.
  • Ketika proses convert selesai, terdapat pilihan Download File, Share File, Save to Dropbox dan Save to Google Drive. Pilih penyimpanan file tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.
Jika memerlukan file ini tanpa harus mengakses internet kembali, maka downloadlah file ini sehingga dokumen yang sudah berubah format menjadi PDF ini tersimpan di direktori penyimpanan laptop atau perangkat Anda.