Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diversikasi Portofolio adalah Cara Bijak Untuk Memulai Investasi


Diversikasi Portofolio – Beberapa waktu lalu ada seorang teman yang kebingungan memaknai sebuah istilah ekonomi di bidang investasi.


Sementara selama ini yang dia lakukan adalah meletakkan semua modal di satu bidang investasi yang terbilang cukup aman, yaitu tabungan berjangka disebuah bank swasta dalam negeri.

Tetapi karena jumlah keuntungan yang dirasakan jauh dari harapan dan memakan waktu yang lumayan lama, ia mencoba mengikuti saran teman lainnya untuk mencoba peluang bisnis baru di bidang investasi lainnya tetapi terbentur dengan istilah Diversifikasi Portofolio.

Istilah yang satu ini memang membingungkan untuk yang baru pertama kali mendengarnya dan kedua kata ini memiliki definisi masing-masing yang sangat rumit diterima oleh mereka yang baru berkecimpung dibidang investasi.

Dengan meminjam gaya bahasa teman yang bertanya, meluncurlah definisi gaya baru untuknya agar lebih mudah ditangkap dan menghindarkannya dari kerumitan istilah ekonomi keuangan.

Diversifikasi adalah sebuah kata yang bisa diartikan sebagai mengatur atau membagi. Yaitu sebuah usaha atau cara yang dilakukan oleh seorang investor atau penanam modal untuk membagi atau mengatur penanaman uangnya ke berbagi macam peluang usaha dengan tujuan untuk mengamankan modal dari dampak krisis ekonomi atau kerugian.

Jadi jika salah satu bidang investasinya mengalami kemerosotan atau kerugian pendapatan, maka diharapkan investasi di bidang lainnya mendapatkan kelebihan atau keuntungan.

Sehingga kerugian disalah satu investasi bisa ditutupi oleh keuntungan di investasi lainnya.

Diversifikasi Portofolio ini biasanya dilakukan oleh perusahaan besar semacam Multi nasional Coorporation untuk menjamin arus kas atau pendapatan yang lebih stabil dengan harapan kepercayaan pemegang saham menjadi meningkat, namun tidak tertutup kemungkinan dilakukan oleh merek yang baru memulai di bidang investasi.

Sedangkan Potofolio dibidang ekonomi keuangan berarti menerangkan sekumpulan asset atau investasi. Portofolio ini biasanya dimiiki oleh perorangan maupun sebuah perusahaan atau institusi.

Dan portofolio ini memanglah sangat dibutuhkan oleh seorang investor dalam menyikapi sebuah peluang usaha yang akan  menanamkam modalnya dibidang tertentu.

Portofolio merupakan bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari dunia bisnis investasi karena berkaitan erat dengan manajemen resiko yang biasanya disebut sebagai diversifikasi. Jadi dengan memiliki beberapa investasi atau asset atau portofolio, maka resiko kerugian dapat ditekan serendah mungkin.

Dikalangan investor ada sebuah portofolio khusus yang biasa disebut dengan istilah portofolio konsentrasi  yang digunakan khusus untuk menanggulangi  krisis tingkat tinggi (Concentrated Portofolio).

Ada banyak peluang usaha dibidang investasi, dan jika ingin memulainya disarankan untuk membuat dua buah asset.

Atau mudahnya tanamkanlah uang minimal di dua tempat investasi berbeda. Misalkan yang pertama di bidang investasi surat berharga yang memiliki perputaran yang cepat atau dikenal dengan istilah High Risk High Return.

Dan yang kedua investasikan uang dibidang logam mulia atau emas yang memiliki tingkat keamanan dan keuntungan yang lumayan besar.

Kedua investasi ini dinamakan Portofolio. Pembagian investasi dengan tingkat resiko dan keuntungan yang berbeda dinamakan diversifikasi.