Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google Cloud Platform: Kenali Jenis Layanan dan Kelebihannya

Google Cloud Platform adalah layanan penyimpanan cloud berskala besar yang dikembangkan oleh Google.


Google Cloud Platform ini populer digunakan di produk Google, seperti Google Search, Gmail, Google Drive, dan YouTube.

Pada tahun 2020, Google Inc. Resmikan Google Cloud Platform (GCP) di Indonesia. Google Cloud Platform memiliki banyak layanan untuk dipilih, sehingga sangat cocok untuk perusahaan atau developer yang ingin bekerja lebih efisien, strategis, dan fleksibel.

Layanan yang ditawarkan oleh GCP meliputi komputasi, penyimpanan dan basis data (storage), jaringan (network), big data, cost management dan perancangan machine learning dan AI.

Layanan Google Cloud Platform ini dapat diakses melalui web-based interface atau web application (WebApp) Google.

Pengguna dapat dengan mudah menemukan layanan yang mereka butuhkan, mulai membangun proyek dengan konsol yang disediakan oleh Google, dan menambahkan anggota dan administrator ke proyek bersama.

Apa saja layanan Google Cloud?

Dari sekian banyak layanan yang disediakan oleh Google Cloud Platform, artikel ini akan membahas secara singkat beberapa layanan GCP terpenting yang digunakan dalam penyimpanan, pengembangan data dan pembuatan infrastruktur sesuai dengan kebutuhan bisnis individu/perusahaan, dll.

1. Google Compute Engine

Google Compute Engine adalah layanan infrastruktur GCP berbasis infrastructure-as-a-service (IaaS) yang memberi pengguna akses langsung dan penuh ke pengelolaan sistem operasi (hosting) dengan mesin virtual.

Google Compute Engine dapat dengan mudah menangani aplikasi web yang dibuat dalam bahasa pemrograman Ruby atau PHP.

Pengguna dapat membuat aplikasi sesuai dengan kebutuhannya, dan mengelola aplikasi secara langsung dan mandiri.

Misalnya, beberapa proses yang perlu dilakukan seperti menginstal OS, aplikasi dan database, memperbarui OS, dll.

Mesin virtual (VM) berbasis cloud sering digunakan ketika mengembangkan aplikasi yang membutuhkan banyak penyesuaian yang tidak dapat dilakukan pada layanan GCP lainnya.

2. Google App Engine

Google App Engine adalah platform berbasis cloud yang menyediakan infrastruktur skalabel bagi pengembang untuk membangun, menerapkan, dan mengelola aplikasi.

Dengan Google App Engine, Anda dapat dengan mudah membuat dan menjalankan aplikasi Anda sendiri tanpa harus menulis kode apa pun.

Layanan ini ramah bagi pengguna karena mereka tidak perlu mengelola sistem operasi dan hal-hal lain sendiri di Google Compute Engine.

Google App Engine mendukung banyak bahasa pemrograman yang berbeda seperti Python, Java, PHP, Go, Ruby dan dilengkapi dengan Google Framework.

3. Google Cloud Storage

Google Cloud Storage adalah layanan ruang penyimpanan unlimited yang dapat menangani file data yang sangat besar.

Google Cloud Storage mampu menampung semua jenis file dengan layanan sharing untuk akses bersama.

4. Layanan Google Cloud Platform: BigQuery

BigQuery adalah layanan pemrosesan data canggih yang disediakan oleh Google Cloud Platform.

BigQuery mampu menangani kumpulan data besar berukuran hingga terabyte atau petabyte dengan proses sangat cepat.

BigQuery dapat digunakan untuk melihat semua transaksi seperti  tren penjualan dan analisis data.

Manfaat dan Kelebihan Google Cloud Platform

Setelah melihat definisi dan beberapa layanan Google Cloud Platform, jelaslah bahwa GCP memberikan banyak manfaat untuk penyimpanan, pengembangan, dan pengelolaan data.

Google Cloud Platform adalah pilihan tepat bagi pengusaha yang sadar anggaran karena harganya biasanya lebih murah daripada pesaingnya. Sistem keamanan Google Cloud Platform sangat mumpuni, dan terus dievaluasi.

Bagi mereka yang bekerja dalam bidang development, Google Cloud Platform dapat menjadi pilihan terbaik yang menawarkan efisiensi dan fleksibilitas dalam kinerja dengan akses yang terjangkau dan keamanan yang terjamin.

Sumber Referensi: